Bidang jual beli property atau rumah berhasil menghasilkan banyak orang sukses. Makannya tak heran jika banyak orang yang ingin membeli rumah bukan hanya untuk tempat tinggal tapi untuk investasi jangka panjang.

Tapi, sahabat memang harus belajar dahulu seluk belik dunia property sebelum sahabat tejun langsung dan melepaskan ratusan bahkan milyaran rupiah untuk investasi pada bidang prtoperti ini. Kali ini RikaRich.com akan berbagi untuk sahabat bagaimana sih caranya untuk investasi pada bidang property ini, yuk tanpa berlama-lama langsung kita simak tipsnya berikut ini:

Tips yang pertama, pastikan properti yang sahabat beli cocok untuk investasi sahabat

Pilihlah peroperti yang sahabat mau jangan samapi ketika sahabat sudah beli propertinya dan adak kerusakan sahabat tidak mau memperbaikinya. Misalnya seperti kerusakan pada tembok, tembok pada retak, kramik pecah, toilet mampet, air susah, apakah sahabat siap untuk memperbaikinya? Bisanya para investor yang mempiliki rumah dua atau lebih memperbaiki kerusakan rumah yang di beli di perbaiki sendiri. Tujuannya memang untuk menghemat biaya agar tidak mengeluarkan banyak biaya untuk perbikan rumah, jika sahabat tidak siap untuk itu semua lebih baik sahabat pertimbangkan niat sahabat untuk berinvestasi. Jangan sampai ketika sahabat sudah membeli rumah untuk investasi bukannya sahabat untung malah rugi.

Tips yang kedua, pastikan sahabat terbebas dari hutang 

pastikan sahabat terbebas dari hutang

Sebagian investor memang tidak sedikit yang mengawali karirnya dengan cara berhutang, baik berhutang di bank maupun di tempat lain. Namun lebih baik jika sahabat memulai karir investasi sahabat dengan uang sendiri dan tidak berhutang. Memang susah untuk di lakukan tapi setidaknya, lunasi dulu utang lama sahabat sebelum muali berinvestasi. Karena pasti nanti sahabat akan menemukan banyak sekali keperluan-keperluan yang tidak terduga yang harus sahabat lewati.

Tips yang ketiga, shabat harus perhitungkan margin keuntungan investasi

Para inverstor biasanya mendapatkan margin keuntungan mulai dari 5% sampai 7% per tahun dari penjualan rumah atau peroperti yang mereka lakukan. Karena merka harus membayarkan keperluan-keperluan lainnya yang harus mereka bayarkan. Misalnya untuk bayar jasa seseorang akau bayar perbaikan rumah. Walapun dari sisi investor pribadi seharusnya mereka mendapatkan keuntungan sebesar 10%.

Para investor biasanya menyiapkan dana perbaikan sebesar 1% dari harga jual rumah.

Sampai di sini bagaimana apakah sahabat masih tertarik berinvestasi pada bidang properti? Kalua di fikir-fikir sih memang keuntungan yang akan kita dapatkan cukup lumayan besar.

Mari kita lanjutkan tips berikutnya.

Baca Juga : Bikin Untung, Inilah Tips Untuk Sahabat Jika Ingin Membeli Rumah Bekas!

Tips yang keempat, jangan membeli property tua untuk investasi

jangan membeli property tua

Mungkin untuk sahabat membeli proprti tua sangat menarik untuk di lakukan. Membelinya lalu merenovasi mungkin itu yang ada di benak sahabat, tapi jika sahabat tidak berhati-hati saat melakukan itu, mungkin sahabat malah bukannya untung tapi malah rugi. Kecuali, jika sahabat memiliki teman atau kenalan seorang kontraktor professional yang mungkin akan memberikan harga yang cukup fantastis untuk sahabat merenovasi rumah yang sahabat beli. Maka, sahabat harus membeli property yang menurut sahabat bagus tapi dengan harga yang relatif murah dan tidak memerlukan biaya renovasi.

Tips yang terakhir, Hitung Biaya Operasional yang harus sahabat keluarkan

Umumnya biaya oprasional untuk property baru adalah sekitar 35% sampai 80% dari pendapatan kotor harga sewa. Jika sahabat mematok tarif Rp1 Juta untuk sewa bulanan dan biaya operasionalnya Rp400.000 maka keuntungan yang akan sahabat dapatkan sebesar 60%.

Sahabat dapat mengkalkulasinya dengan mudah, dengan menggunakan aturan 50%. Jika biaya sewannya sebesar Rp 1,5 Juta, makan biaya oprasional yang harus sahabat keluarkan sebesar Rp 750.000 perbulannya.

Nahh mungkin itu tips yang dapat kita bagikan ke sahabat-sahabat semua semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaa dari sahabat semua silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar. Simak terus artikel-artikel dari RikaRich.id dan temukan beragam tips-tips mengenai pembelian rumah ataupun panduan-panduannya, kpr, pajak, hingga legalitas property hanya di RikaRich.id