Your search results

11 Desain Rumah Asri dan Sejuk: Hunian Nyaman Idaman

Posted by adminrikaaja on January 6, 2022
0

Memiliki rumah asri modern adalah idaman setiap orang. Tidak hanya enak dipandang, hunian yang indah dapat menjadikan para penghuninya lebih rileks dan semangat menjalani hari. Demi mencapainya, tentunya kita perlu mempertimbangkan pengaturan dekorasi rumah. Tapi bakal seperti apa ya?

Desain rumah asri identik dengan kehadiran elemen natural. Baik tanaman hias, batu hingga ikan akan menjadikan hunian Anda nampak lebih hidup sekaligus meningkatkan kualitas udara. Yuk, simak inspirasi 11 desain rumah asri dan sejuk.

1. Bermain dengan Warna Bumi

desain rumah asri

(Sumber: Modsy)

Untuk mendapatkan nuansa natural, Anda dapat mengaplikasikan desain interior warna bumi. Belakangan ini, earth tone memang menjadi salah satu tren desain rumah asri modern. Suasana asri dari konsep warna bumi dapat diciptakan dengan memadukan warna coklat, beige, krem, putih dan semacamnya pada perabot, lantai, dinding hingga plafon ruangan.

2. Tanaman di Meja Makan

desain rumah asri

(Sumber: Remodelista)

Meja hidangan sering kali nampak hampa tanpa dekorasi. Tapi kini Anda bisa menjadikannya fokus utama nuansa natural di ruang makan keluarga. Letakkan vas berisi tanaman hijau dan bunga baik segar, kering atau imitasi di atas meja makan. Tak diragukan lagi, hunian Anda akan terasa semakin asri. Tambahkan pula aksen lain seperti lilin untuk menyempurnakan tampilan rumah asri modern.

3. Taman Mini Ruang Tengah

desain rumah asri

(Sumber: Jaime Juárez R. Arquitecto)

Di perkotaan, banyak hunian yang tidak memiliki cukup lahan untuk taman outdoor. Tidak perlu khawatir, impian memiliki rumah minimalis asri tetap dapat dicapai dengan merancang taman indoor mini di ruang tengah. Untuk itu, Anda dapat menanam berbagai tanaman hidup di tanah secara langsung atau menggunakan pot.

4. Taman Vertikal

desain rumah asri

(Sumber: Novocom.top)

Apabila sebelumnya, Anda dapat membuat taman indoor mini dengan sebidang tanah atau ruang untuk peletakan tanaman. Terdapat pula alternatif lain berupa pembuatan taman vertikal. Ide ini adalah solusi desain rumah asri modern bagi pemilik hunian di lahan sempit. Selain menjadi dekorasi, taman vertikal ini dapat Anda gunakan untuk menanam tumbuhan herbal untuk keperluan rumah tangga.

5. Dinding Bata

desain rumah asri

Akhir-akhir ini banyak cafe atau tempat umum modern lain yang menampilkan interior dinding bata. Hal ini sejatinya bertujuan untuk menciptakan suasana keren nan klasik. Konsep ini tentunya akan sangat sesuai bagi Anda yang menyukai tema hunian industrial, tradisional, hingga rustic. Cukup ekspos dinding bata pada area tertentu, maka Anda akan mendapati suasana rumah minimalis asri.

6. Hidup bersama Tanaman Kering

desain rumah asri

(Sumber: Joe Lingeman)

Tanaman hidup memerlukan perawatan rutin agar dapat bertahan dan nampak indah. Apabila Anda menyukai gagasan natural, namun kurang dapat atau tidak memiliki cukup waktu untuk merawatnya, cobalah menggunakan tanaman kering. Rumput pampas, ranting pohon, dan berbagai bunga kering lain adalah elemen dekorasi yang pastinya tidak ingin Anda lewatkan.

7. Ruang Baca Hijau

desain rumah asri

(Sumber: Connie and Luna)

Apabila Anda menyukai suasana tenang, pengaplikasian dekorasi alami di ruang baca bisa menjadi salah satu cara tepat untuk meningkatkan kenyaman pada desain rumah asri modern. Tempatkan pot-pot berisi tanaman hijau di lantai atau secara menggantung dari langit-langit. Pengaturan vegetasi ini akan memperkaya pesona utama ruang favorit Anda.

8. Kolam Ikan

desain rumah asri

(Sumber: animalia-life.club)

Bunyi gemericik air serta gerakan kehidupan dari ikan bisa menghasilkan suasana halaman rumah asri dan sejuk yang menawan. Oleh karena itu, banyak orang yang menghendaki penambahan elemen kehidupan ini pada hunian mereka. Tapi untuk mewujudkan nuansa rumah minimalis asri, Anda juga dapat menempatkan kolam ikan di dalam ruangan.

9. Halaman Belakang Berkanopi

desain rumah asri

(Sumber: Anthony Crisafulli)

Halaman rumah asri yang dilengkapi dengan kanopi adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati hari-hari indah di luar ruangan. Anda dapat menanam berbagai tanaman merambat untuk menghiasi rangka kayu kanopi. Fitur ini akan membuat Anda dapat lebih banyak menikmati taman tanpa perlu khawatir dengan hujan atau terik matahari.

10. Aksen Ruang dengan Batu Alam

desain rumah asri

(Sumber: Decor Luxury Stones)

Kendati jarang digunakan, aksen batu alam di dalam ruangan dapat memunculkan nuansa natural yang menakjubkan. Untuk memperkuat suasana alami, Anda juga dapat memadukan elemen ini dengan dekorasi dari kayu. Ide ini tentunya sangat pas bagi pemilik hunian yang menyukai tema urban kontemporer.

11. Memaksimalkan Peran Pencahayaan

desain rumah asri

(Sumber: The Spruce / Letícia Almeida)

Apabila Anda memilih dekorasi dari tanaman hidup, tentunya penerangan yang baik diperlukan untuk menjamin kelangsungan hidup serta keindahan tanaman. Menggunakan atap atau jendela kaca yang mengijinkan cahaya matahari masuk adalah prioritas utama pada desain rumah asri dan sejuk.

Selain bermanfaat bagi tanaman, cahaya matahari juga bermanfaat bagi kesehatan penghuni rumah. Namun, apabila hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa menggantinya dengan cahaya lampu untuk memaksimalkan pencahayaan dan menekankan nuansa alami.

Hunian modern ideal tidak lepas dari prinsip keberfungsian, keindahan, dan kenyamanan. Hal ini bisa kita optimalkan dengan menciptakan nuansa rumah asri dan sejuk dari dekorasi alam. Tidak harus langsung merubah landscape hunian, Anda juga bisa memulainya dengan meletakkan tanaman kecil di meja samping atau halaman rumah. Banyak tips desain rumah lainnya yang bisa mempercantik hunian Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings